8 Pekerjaan Keren yang Membutuhkan Matematika

Written By I Putu Jayantara on Minggu, 29 April 2012 | 10.59

Banyak orang mengeluh ketika berhadapan dengan matematika. Kesulitan menghafal beragam rumus dan tak mampu menyelesaikan berbagai bentuk soal hitungan membuat anak-anak merasa tertekan jika harus berhadapan dengan matematika.

Apalagi guru matematika pada umumnya galak sehingga mengurangi semangat belajar. Alasan lain di balik keengganan belajar matematika, seperti yang disampaikan pembaca Yahoo!, terangkum di sini.

Padahal, jika saja matematika disajikan dengan cara yang lebih menarik (misalkan dengan perumpamaan permainan dan contoh kasus secara nyata), anak-anak pasti akan lebih tertarik dan mudah mengerti. Mereka pun tentu lebih terdorong belajar matematika bila mengetahui betapa pentingnya matematika dalam pekerjaan.

Berikut ini beberapa pekerjaan impian yang memerlukan kemampuan matematika yang mumpuni:

1. Animator
Sering berandai dapat menciptakan tokoh animasi seperti Walt Disney? Seorang animator ternyata tidak terbatas bekerja membuat komik dan film kartun. Berbagai hal yang membutuhkan desain seperti iklan pun bisa dikerjakan animator. Meski dikerjakan secara digital, pertimbangan hitungan segi bentuk yang proposional butuh perhatian yang cukup detail. Animator menggunakan aljabar linier untuk membuat benda berputar, bergeser dan juga membuat bentuknya lebih besar dan lebih kecil.

2. Insinyur robotika       
Merangkai robot yang bertujuan membantu tugas manusia adalah salah satu pekerjaan yang selalu mengalami perubahan setiap hari. Kebutuhan manusia selalu berkembang sehingga pasar dunia berlomba-lomba untuk menciptakan inovasi robot yang terbaru. Matematika sangat dibutuhkan untuk menyatukan berbagai senyawa dan perhitungan yang membuat robot-robot tersebut bergerak.

3. Pilot pesawat tempur
Hampir setiap anak bercita-cita menjadi seorang pilot pesawat tempur. Pastikan dia benar-benar mahir dalam  berhitung. Karena tak hanya menjalankan pesawat dengan aman sampai ke tujuan, pilot pesawat tempur diharuskan dapat melakukan atraksi memutar pesawat di angkasa dan siap tempur melawan musuh kapan pun. Pilot harus terbiasa menghitung dan mengambil keputusan secara cepat.

4. Arsitek
Para arsitek menyatakan betapa pentingnya matematika dalam menganalisis dan menghitung masalah struktural dalam merancang rangka sebuah gedung. Hal tersebut juga merupakan solusi memastikan bahwa struktur bangunan akan tetap berdiri dan stabil. Arsitek yang lemah dalam matematika merupakan sumber bencana.

5. Fotografer
Pekerjaan ini sebenarnya tidak berhubungan langsung dengan matematika. Namun bagaimana cara menghitung komposisi yang tepat sebelum membidik dan mengambil gambar adalah merupakan perpaduan yang sempurna untuk menghasilkan foto yang baik dan berbicara.

6. Desainer fashion
Potongan lekuk baju haruslah sesuai dengan badan dari orang yang memesan. Menjadi seorang desainer fashion ternyata tak segampang perkiraan kita. Menggabungkan kreativitas, ahli berhitung dan penguasaan kerapian jahitan akan menghasilkan baju yang tampak sempurna ketika dipakai.

7. Ahli pemrograman
Tentu Anda sudah mendengar tentang betapa kayanya Mark Zuckerberg karena Facebook. Melihat seriusnya perkembangan teknologi yang berkaitain dengan komputer dan Internet, dunia semakin membutuhkan ahli pemograman untuk membuat beragam aplikasi. Dengan matematika yang mencakup ke dalam berbagai topik dari studi teoritis algoritma dan perhitungan dapat membantu penerapan sistem komputasi dalam perangkat keras dan perangkat lunak.

8. Ahli forensik
Serial CSI mematahkan pemahaman kaku tentang ahli forensik yang memakai kacamata, berpakaian jas putih dan mengurusi mayat di rumah sakit.  Menjadi ahli forensik mengundang rasa penasaran untuk tidak hanya bekerja  menggunakan prinsip-prinsip matematika demi mengetahui lokasi korban ketika darah ditumpahkan namun juga untuk mencari tahu jenis senjata atau dampak yang terjadi dari cedera yang dialami korban.

Oleh Sabrina Utami

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berikan komentar. Tetapi dilarang berkomentar menghina atau-pun spam, Terima kasih.